KELENJAR PENCERNAAN


Karbohidrat ialah polimer semula jadi yang merupakan sejenis kelas makanan yang sangat penting bagi manusia kerana karbohidrat adalah sumber utama tenaga untuk menjalankan pelbagai aktiviti. Karbohidrat terdapat dalam nasi, roti, bijirin dan mi.


Pencernaan makanan berlaku dalam alat pencernaan. Proses tersebut juga dibantu oleh kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan itu adalah;


1. Hepar (hati)

Hati merupakan kelenjar terbesar dan terpenting dalam tubuh. Hati terdiri atas tiga lobus.

Setiap lobus memiliki saluran untuk mengangkut cairan empedu, yakni duktus hepatikus. Sari-sari makanan yang diserap oleh usus halus akan melalui hati terlebih dahulu. Pada hati, terdapat kantung hempedu (vesica felea) yang salurannya dinamakan duktus sistikus. Duktus hepatikus dan duktus sisitikus bermuara pada saluran besar yang dinamakan duktus koleodosus.

Hempedu mengandung garam kholat, kolesterol dan NaHCO3 (natrium bikarbonat).

Garam kholat mempunyai fungsi:
• Menurunkan tekanan permukaan butir-butir lemak sehingga dpat diemulsikan pada pencernaan selanjutnya.
• Mengaktifkan lipase pancreas.
• Bersenyawa dengan asam lemak membentuk senyawa yang mudah larut dalam air sehingga mudah diserap

Natrium bikarbinat berfungsi mengatur keasaman hempedu. Dengan adanya garam tersebut, keasaman (pH) hempedu menjadi 7,1 – 8,5. selain menghasilkan cairan empedu, hati juga berfungsi mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen untuk disimpan serta mengubah kelebihan asam amino menjadi urea untuk dikeluarkan dari tubuh.

Secara umum, hati mempunyai fungsi: a. memproduki protein plasma (albumin, fibrinogen, protrombin,heparin) b. fagoitosis mikroorganisme,eritrosit dan leukosit yang sudah tua. c. Pusat metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. d. Pusat detoksifikasi zat yang beracun di dalam tubuh. e. Memproduksi cairan empedu f. Merupakan gudang penyimpanan barbagai zat seperti mineral (Cu, Fe), vitamin A, D, E, K, B12, glijogen dan berbagai racun yang tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. g. Memegang peranan penting pada metabolisme tiga bahan makanan yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.


2. Pankreas
Pankreas merupakan kelenjar yang besifat endokrin dan eksokrin.

Bersifat endokrin kerena dari pulau Langerhans dihasilkan hormone insulin dan hormone glukagon yang dimasukkan ke darah.

Bersifat eksokrin karena menghasilkan enzim pencernaan. Keluarnya enzim dari pankreas karena dipengaruhi oleh enzim pankreozimin.

Pankreas menghailkan enzim-enzim pencernaan sebagai berikut:
a. Tripsinogen, diaktifkan oleh enzim enterokinase menjadi tripsin. Senyawa protein diubah oleh tripsin menjadi dipeptida.
b. Kimotripsinogen, diaktifkan oleh tripsin menjadi kimotripsin yang berfungsi membantu tripsin. c. Peptidase, berperan mengubah senyawa peptide menjadi asam amino .
d. Lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
e. Amilase, berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa.
f. Nuklease, berfungsi memecah asam nukleat menjadi nukleotida.
g. NaHCO3atau KHCO3 atau ion bikarbonat HCO3-, berfungsi menetralkan suasana asam yang berasal dari lambung.

ESULIN : bertindak merangsang sensitiviti dan produktiviti insulin oleh pankreas dan membantu melancar aliran darah melalui proses pembuangan lemak/kolesterol dan Triglycerides (TG)

No comments:

INSULIN > GLUKOS > RECEPTOR > SEL

Photobucket